MOMEN

PELANTIKAN PENGURUS FPPTI DIY PERIODE 2019-2022 & FPPTI PEDULI WEBINAR “TATANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM NORMAL BARU”



Pengembangan perpustakaan perguruan tinggi tetaplah harus berjalan walaupun di tengah pandemi covid-19 demikian juga organisasi FPPTI wilayah DIY. Oleh karena itu, pada tanggal 18 Juni 2020 diselenggarakan pelantikan pengurus FPPTI DIY periode 2019-2022. Pelantikan dilaksanakan secara daring oleh Bapak Imam Budi Prasetiawan, SS., M.I. Kom (Ketua FPPTI Pusat).  Acara pelantikan ini dihadiri Ibu Kepala BPAD DIY, Pengurus FPPTI Pusat, para pengurus lama dan juga para Pembina FPPTI DIY.  Berikut susunan Pengurus FPPTI yang baru (2019-2022):
Pembina              :
                Imam Budi Prasetiawan, SS., M.I.Kom. (Ketua FPPTI Pusat)
                Ida Fajar Priyanto, Ph.D (Universitas Gadjah Mada)
                Anastasia Tri Susiati, S.Kom., M.A. (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
Penasihat            :
                Monika Nur Lastiyani, M.M. (Kepala DPAD DIY)
                Dra. Nawang Purwanti, M.Lib. (Kepala Perpustakaan Universitas Gadjah Mada)
                Dra. Labibah Zain, MLIS (Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
                Drs. Sofyan Riyanto, M.A. (Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta)

Ketua               : Heri Abi Burachman Hakim, SIP., MIP. (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Wakil Ketua    : Sri Astuti, SIP., MIP. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sekretaris        : Risty Prasetyawati, SIP., M.A. (Unjani Yogyakarta)
  Gretha Prestisia Rahmadian Kusuma, MIP (Universitas Ahmad Dahlan)
Bendahara       : Dewi Nurhastuti, S. Sos. (Universitas Gadjah Mada)
Divisi Teknologi Informasi:
Arif Sudarno Putro, SIP., MIP (Universitas AMIKOM)
Krisno Tri Prasetyo, S.Kom. (STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta)
Iyut Nurcahyadi, SIP., M.A. (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Eko Kurniawan, SIP., MIP. (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Divisi Kerja Sama dan Jejaring:
Titi Sunarni, S.Pd, MIP. (Universitas Kristen Duta Wacana)
Wahyudiati, M.A. (Universitas Negeri Yogyakarta)
Dr. Purwani Istiana, SIP, M.A. (Universitas Gadjah Mada)
Yohanes Pemadi Supriyanto, S.Sos. (Universitas Sanata Dharma)
Nur Ali Amri, MT., Ph.D (UPN Veteran Yogyakarta)
Divisi Sumber Daya Manusia:
Dra. Ida Nur’aini Hadna, M.Pd (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Gaib Swasana, SIP., MIP. (Universitas Islam Indonesia)
Esmi Triningsih, SIP. (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
Sapto Harmoko, SIP., M.A. (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta)



Acara pelantikan dilanjutkan Webinar dengan tema Tatanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Normal Baru. Tentu ini merupakan tema yang sangat relevan dengan kondisi kita saat ini. Webinar dibuka Keynote speaker Kepala DPAD DIY, Ibu Monika Nur Lastiyani, M.M., dan menampilkan tiga narasumber.  


Para narasumber webinar adalah pertama Bapak Ida Fajar Priyanto, Ph.D. yang tidak asing lagi bagi kita, Dr. Khasiah Zakaria dan Dr. Nurul Diana Jasni. Dua narasumber terakhir berasal dari Malaysia, secara berurutan beliau adalah Kepala Perpustakaan Universiti Malaya, Kuala Lumpur dan pustakawan Perpustakaan Universiti Teknologi MARA ( UiTM). Narasumber pertama Bapak Ida Fajar menyampaikan bahwa pengelola perpustakaan perlu melihat apakah  ada keluhan terhadap akses informasi online oleh pemustaka; perlunya perpustakaan menyusun satu kebijakan kesehatan dan penggunaan fasilitas perpustakaan; kondisi pustakawan, kondisi pemustaka, kemungkinan kemungkinan teknologi yang bisa diterapkan di perpustakaan dan pentingnya menekan contactless. 

Senada yang disampaikan oleh kedua narasumber kedua dan ketiga memaparkan secara lebih detail bagaimana tatanan layanan perpustakaan yang sudah berjalan di Perpustakaan UiTM Selangor Malaysia dan juga di Universiti Malaya. Tentu paparan ketiga narasumber sangat menarik dan bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan para peserta webinar.




Materi dapat diunduh disini

Peserta webinar yang baru kali pertama diselenggarakan oleh FPPTI DIY ditengah pandemi covid-19 ini menarik perhatian para pustakawan, pengelola perpustakaan, mahasiswa ilmu perpustakaan dan pemerhati perpustakaan dan dunia informasi. Hal ini terlihat dari jumlah peserta webinar yang mencapai 221 peserta. 






Pengurus FPPTI Wilayah DIY mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta webinar yang telah hadir dan berdonasi. Donasi peserta akan kami salurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebagai wujud kepedulian FPPTI wilayah DIY terhadap masyarakat yang secara ekonomi terdampak covid-19. Segenap pengurus FPPTI Wilayah DIY juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua FPPTI Pusat dalam hal ini Bapak Imam Budi Prasetiawan, SS., M.I. Kom., yang telah melantik pengurus FPPTI Wilayah DIY. Semoga kami dapat melanjutkan estafet kepengurusan untuk kemajuan perpustakaan perguruan tinggi di DIY, tentu saja dibawah bimbingan para pembina dan penasehat FPPTI Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para narasumber webinar, yang telah berbagi pengetahuan yang bermanfaat bagi pengembangan layanan perpustakaan dalam normal baru.