MOMEN

Rabu, 08 Mei 2019

WORKSHOP KOMPETENSI PUSTAKAWAN KEKINIAN DAN INSTITUTIONAL REPOSITORY

FPPTI DIY, FPPTMA dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali bekerjasama menyelenggarakan workshop pada tanggal 24 - 25 April 2019 dengan tema "Kompetensi Pustakawan Kekinian dan Institutional Repository".

Workshop ini dibuka dengan menyanyikan MARS FPPTI DIY dan MARS FPPTMA dilanjutkan sambutan oleh Rektor UMY dan Kepala perpustakaan UMY



Dalam workshop 2 hari ini dibagi menjadi dua kelas yaitu Kompetensi Pustakawan Kekinian dan Institutional Repository.

Dalam Kompetensi Pustakawan Kekinian ada 3 materi yaitu :

Manajemen Kelas oleh Dra. Maria Dominika N., M.Pd. dosen Universitas Negeri Yogyakarta, dalam sesi ini peserta sangat antusias sekali karena di peprustakaan sangat penting sekali dalam manajemen kelas dalam upaya mengendalikan pengunjung yang terdiri dari beragam sifat dan keinginan.





Public Speaking oleh Dr. M. Sulhan, M.Si. Ka. Prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada sesi ini sangat membantu sekali dalam era milenial ini karena pustakawan dituntut untuk mengikuti era ini yang dimana pengunjung adalah generasi Z yang sangat kekinian.







Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi pembekalan sertifikasi pustakawan dibagi menjadi 4 klaster yaitu, Pengolahan Koleksi oleh Maria Husnun Nisa, S.Sos., MA. ; Pengembangan Koleksi oleh Ana Wahyuni, S.Sos. ; Promosi dan Literasi Informasi oleh Tri Mulyati, S.I.Pust ; Layanan Perpustakaan oleh Uminurida S., S.Pd., M.Si.





Dalam Institutional Repository dibagi menjadi 2 materi yaitu :

Kebijakan dan Pengembangan Repository oleh Anastasia Tri Susiati, S.Kom., MA. Pustakawan Universitas Atma Jaya, sesi ini mengupas tentang perpustakaan digital dan kebijakan e-resources, kebijakan institusional, kebijakan metadata, kebijakan keamanan informasi, kebijakan bagi user.




 
Instalasi dan Pengelolaan Eprints oleh Bani Mutakhir, S.Kom divisi IT Perpustakaan UMS, sesi ini merupakan sesi dimana praktek simulasi penginstalan menggunakan bantuan virtual box untuk menginstal OS Ubuntu yang support dengan Eprints, instalasi dan manajemen pengelolaan Eprints.



Materi dapat didownload DI SINI
Foto dapat didownload DI SINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar