MOMEN

Sabtu, 18 Juni 2011

Dialog Ilmiah Perpustakaan: Sistem Informasi Perpustakaan

Unduh berita terkait di Bernas Jogja http://bernasjogja.com/stories/berita/3994.pdf
Cita-cita untuk mempunyai wadah berdiskusi antar para pustakawan di DIY akhirnya terwujud melalui Dialog Ilmiah Pustakawan. Acara yang diselenggarakan di bawah bendera FPPTI DIY ini didukung dan difasilitasi dengan baik oleh Perpustakaan UKDW yang dipimpin oleh Bapak Antonius Rachmat. Dosen Fakultas Teknologi Informasi tersebut juga menjadi pemateri bersanding dengan dedengkot SLiMS asal Jogja, Bapak Purwoko, pustakawan berprestasi dari Perpustakaan Jurusan Geologi UGM. Acara yang menekankan pada diskusi (tanya-jawab) berdurasi hanya 3 jam di hari Rabu 15 Juni 2011.

Rasanya luar biasa melihat sekitar 34 pustakawan hadir dalam acara sederhana, minim pelengkap seperti spanduk dan backdrop, berdiskusi tentang Sistem informasi Perpustakaan. Sekalipun kebanyakan bertanya tentang SLiMS, entah itu berkaitan dengan teknis maupun produknya, tapi semua itu menambah pengetahuan dan informasi. Sekalipun belum banyak yang berkenan untuk berbagi pengalaman, rekan dari perpustakaan UST sudah memulai berbagi tentang pengalaman mereka berhadap dengan sumber daya manusia yang resisten terhadap perubahan. Berbagi pengetahuan menjadi tujuan utama dari Dialog Ilmiah Perpustakaan.

Bapak Antonius dalam presentasinya menjelaskan secara mendasar sistem informasi dan sistem informasi perpustakaan. Ketika perpustakaan membutuhkan sistem informasi, biaya bukanlah hal yang paling menentukan, tetapi kesiapan sumber daya manusia lebih menentukan. Sistem informasi berkaitan dengan manusia, prosedur, kebijakan, dan teknologi informasi. Jika manusianya memahami kebutuhannya dan memahami situasi insitusinya maka jalan keluar untuk menerapkan sistem informasi perpustakaan yang tepat tersedia. Di luar sana banyak terdapat sistem informasi perpustakaan yang dapat diperoleh dengan biaya minim atau tanpa biaya.

SLiMS adalah salah satu sistem informasi perpustakaan yang tersedia dan dapat diperoleh secara bebas. Hal mengenai SLiMS ini dibahas oleh Bapak Purwoko. Penjelasan beliau memberikan informasi banyak tentang SLiMS dan memberi pencerahan kepada rekan-rekan pustakawan yang berencana untuk menerapkan sistem informasi perpustakaan di institusinya.

Di akhir acara dialog ini, para peserta mendapatkan copy materi presentasi dan software SLiMS. Materi yang diberikan softcopy. Kami membudayakan materi dalam bentuk softcopy. Selain go green, para pustakawan menjadi lebih fokus ketika mendengarkan penjelasan materi.

Dialog ilmiah berikutnya direncanakan sekitar bulan September 2011 dan bertempat di Univ Sarjanawiyata Tamansiswa. Silahkan check blog FPPTI DIY ini sekitar bulan Agustus 2011 untuk pengumumannya.
Pustakawan mari belajar bersama!
(Umi Proboyekti)

4 komentar: